8 Oktober 2012

Ragam Rumput Mutiara

Ada 2 jenis tumbuhan yang berbeda sama sekali satu sama lain, tetapi dalam bahasa Indonesia mempunyai nama lokal sama yakni keduanya diberi nama rumput Mutiara. Tumbuhan yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1. Rumput Mutiara untuk penutup tanah atau untuk landscape (Pearl Grass). Pearl dalam bahasa Indonesia memang berarti Mutiara. Mempunyai kecendrungan tumbuh
ke samping dan ke samping, sehingga akan bertambah tebal dan bertambah tebal, tidak seperti rumput lain bertambah tinggi dan bertambah tinggi. Permukaan daunnnya halus, lembut, dan mengkilap seperti mutiara. Nama latinnya is may be: Axonopus compressus, famili Poaceae (dulunya disebut famili Gramineae).

2. Rumput Mutiara yang tumbuh sebagai gulma (Old World Diamond Flower). Diamond dalam bahasa Indonesia berarti Berlian. Termasuk gulma berdaun lebar dan adalah tanaman dikotil, bukan monokotil seperti rumput lain pada umumnya. Kalau ditelusuri nama latinnya adalah Hedyotis corymbosa, termasuk famili Rubiaceae. Tumbuh sebagai gulma di lapangan golf, halaman dan dimana-mana. Species-species Rubiaceae adalah Bunga-bungaan, bukan rumput-rumputan/padi2an seperti Poaceae. Jadi sebenarnya tanaman ini lebih tepat diberi nama bunga Berlian. Bagaimana kalau dari sekarang kita sebut bunga Berlian saja, supaya tidak rancu dengan rumput Mutiara penutup tanah. Untuk sementara sekarang, as long as I know, belum ada species Rubiaceae atau tumbuhan lain yang bernama Bunga Berlian, jadi nama itu masih original. La iki piye, yang dulu menamai Hedyotis corymbosa itu rumput Mutiara kok sepertinya ora mudeng taxonomi tumbuhan, atau I might be wrong. Shitsurei. Tetapi kalau ini benar dan nantinya dapat persetujuan Komisi Plasma Nuftah Indonesia, berarti melalui blog ini tercipta ide pergantian nama tumbuhan Hedyotis corymbosa dari rumput Mutiara menjadi Bunga Berlian. Sebagai tumbuhan obat, tumbuhan ini secara emperis dipercaya bisa menekan pertumbuhan sel kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.