30 November 2013

Trik Menjadi Pemimpin Yang Tangguh 03

Tidak lah mudah untuk menjadi PEMIMPIN yang mempunyai PENGARUH kuat didalam organisasi. Ini seperti membawa lari kelereng yang diletakkan di sendok dan digigit di mulut, gampang-gampang susah.

Menurut saya, PENGARUH adalah hal mutlak yang diperlukan dalam hal KEPEMIMPINAN. Berikut adalah Tips yang Fresh yang selalu saya lakukan untuk mendapatkan PENGARUH dalam organisasi (it works for me):

Memberikan Teladan dalam keseharian kerja, mulai dari disiplin jam kerja, kebersihan, kerapian, tingkah laku, tutur kata dan sebangsanya. Melakukan personal approach ke setiap Individu didalam organisasi untuk sekedar ngobrol, membicarakan masalah sehari-hari bahkan jika anda sukses “masuk” kedalam dunia lawan bicara anda, anda akan mendapatkan informasi yang jauh sangat berharga bagi anda sebagai seorang PEMIMPIN. Informasi tersebut bisa berupa Kebahagiaan dalam bekerja sampai dengan Keluhan dalam bekerja. Dari a-z deh. Ini adalah kesempatan bagus yang bisa anda pakai untuk minimal ber-Empati bahkan sampai memberikan solusi yang Manjur (tidak dengan gaya menggurui). Kalau istilah komputer nya sih Social Engineering dalam dunia Hacking yang diperkenalkan oleh Kevin D Mitnick (Hacker legendaris Amerika). Selalu menelurkan ide, terobosan atau inovasi baru dalam lingkungan kerja dan begitu juga sebaliknya, terbuka terhadap ide, terobosan, atau inovasi baru dari teman sekerja. Dapat mempercayai dan dapat dipercaya. Mempunyai sifat untuk “melindungi” partner dalam bersama-sama menghadapi berbagai permasalahan yang muncul sebagai resiko dalam pekerjaan, no matter how hard is it.

Nb:
- Sesuaikan dengan situasi dan kondisi anda masing-masng
- Tidak ada istilah bawahan (anak buah) disini, yang ada adalah TEMAN SEKERJA / PARTNER.

“Ordinary Leader is JUST LEAD, Good Leader is SHOWS, Great Leader is INSPIRING”.

Ada yang mau menambahkan ……

Do Something For Your Brighter Future.
Salam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.