24 April 2014

Develop Meaningful Values

Apakah definisi dari Values? Values atau milai-nilai adalah kepercayaan dan sikap kita tentang bagaimana segala sesuatu. Values pada prinsipnya berhubungan dengan sesuatu yang penting bagi kita. 

Bagaimana Menghubungkan Nilai-nilai dengan Kesuksesan Kuliah

Salah satu keuntungan yang kita dapatkan dari kuliah adalah kesempatan untuk melihat kembali dan mengeksplor nilai-nilai yang kita pegang. Hal ini menjadi penting karena nilai-nilai yang kita pegang merupakan gambaran tentang sesuatu yang penting bagi kita dan berpengaruh pada keputusan yang kita ambil. Values merupakan alat bantu bagi kita dalam menentukan tujuan yang ingin dicapai.

Seringkali kita tidak menyadari nilai-nilai yang kita miliki hingga kita berada pada suatu kondisi tertentu. Anda bisa saja terkejut ketika menyadari bahwa reaksi anda terhadap diskusi tentang agama dan politik sangat menggebu-gebu. Sediakan waktu bagi diri anda sendiri untuk berpikir tentang nilai-nilai apa yang berharga bagi anda.

Dukungan keluarga merupakan salah satu nilai-nilai yang bisa mendukung kesuksesan seorang mahasiswa. Dukungan keluarga yang positif dapat membantu anda melalui masa-masa sulit dalam perkuliahan. Selain itu, kebahagiaan juga bagian dari nilai-nilai yang dapat membantu kesuksesan anda dalam kuliah. Diener & Seligman (2002) menyatakan bahwa mahasiswa yang bahagia dapat bersosialisasi dengan baik.

Bagaimana meningkatkan Nilai-nilai Akademik

Pada saat anda kuliah and akan membuat berbagai pilihan yang dapat merefleksikan nilai-nilai yang anda miliki. Walaupun tujuan utama dari kuliah adalah belajar tentang ide-ide baru. Akan tetapi proses pengambilan keputusan-keputusan tersebut juga dapat membangun karakter diri.

Kuliah merupakan saat dimana kita memiliki tingkat tanggungjawab yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa SMU. Hal ini bisa melenakan banyak masiswa baru karena kebebasan yang ada begitu menggiurkan. Mahasiswa menentukan sendiri apakah dia akan masuk kelas atau tidak walaupun di ITB rata-rata presensi tiap semesternya minimal 80%. Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan 20% untuk tetap kuliah atau digunakan untuk hal lain yang menurut anda jauh lebih menarik. Definisi menarik ini yang kemudian ahrus ditilik lebih jauh karena disinilah tanggungjawab anda diuji. Kedewasaan anda berpikir pun dapat dilihat dari keputusan yang anda ambil.

Mari kita bahas lebih jauh mengenai Bolos Kuliah (BK). Kenapa hal ini menjadi begitu penting untuk dibahas karena dari hal ini kita bisa belajar banyak. Ketika anda memutuskan untuk BK hitung dengan baik segala sesuatunya. Berapa rupiah yang telah anda sia-siakan karena anda tidak datang kuliah. Berapa besar kemungkinannya BK anda mempengaruhi nilai ujian anda. Berapa besar pengaruhnya terhadap teman anda yang merasa terganggu karena anda selalu meminjam catatan kuliah. Disini anda menghitung pengorbanan yang harus anda berikan untuk 20% kesempatan yang ada. Kedewasaan anda membuat keputusan akan terbentuk jika anda mampu mengoptimalkan 20% tersebut.

Dalam kuliah anda juga harus bisa berpartisipasi aktif dan sportif. Apa si yang dimaksud dengan partisipasi aktif ? Saya dengar, saya lupa...Saya lihat, saya tahu...Saya catat, saya ingat...Saya lakukan, saya paham merupakan salah satu alasan kenapa kita harus berpertisipasi aktif. Ingat kuliah beda dengan SMA. Jika kita hanya mengikuti arus maka kesuksesan yang kita raih akan sama dengan orang lain, tidak ada yang istimewa. Jika kita ingin sukses, kita harus bekerja lebih keras. Pengorbanan akan membuahkan hasil yang berbeda.
Partisipasi sportif apa sih ? Sportif itu berarti bisa menerima kekalahan dan kemenangan dengan baik. Sifat sportif ini penting ketika kita ingin membangun kesuksesan dalam kuliah. Sportif juga dapat diartikan berbuat sebaik yang kita bisa sesuai dengan norma atau nilai-nilai yang ada.

Jangan pernah berpikir kesuksesan itu bisa diraih dengan cara yang mudah. Salah satu karakteristik dari sebuah kesuksesan adalah kerja keras. Jika anda masih percaya bahwa kesuksesan itu bisa diraih hanya dengan membalikkan telapak tangan atau kesuksesan sementara. Banyak mahasiswa yang tertipu dengan kesuksesan sementara yang mereka kira adalah sebuah kesuksesan besar.

Jika anda percaya bahwa IPK hasil mencontek merupakan sebuah kesuksesan maka anda akan tahu perbedaannya ketika anda memasuki dunia kerja, ketika skill anda diuji, ketika yang ada di hadapan anda bukan lagi soal integral lipat empat tapi transaksi bisnis 50 juta rupiah atau mesin produksi seharga 120 juta rupiah. Jika IPK anda tidak dapat membuktikan kemampuan anda maka uang senilai 50 juta ruiah akan hilang atau mesin produksi seharga 120 juta rupiah akan rusak begitu saja tanpa hasil yang nyata. Anda bisa melihat bahwa harga sebuah sportivitas, mungkin seharga 50 juta atau 120 juta atau motor Honda dll.

Kuliah merupakan kesempatan bagi anda untuk belajar banyak hal. Belajar tentang ilmu pengetahuan, tentang soft skills, tentang norma dan nilai, tentang sukses, tentang gagal, tentang kerja keras. Jika anda bisa memanfaatkan nilai-nilai yang ada juga masa kuliah anda dengan optimal maka anda sudah memulai perjuangan anda untuk meraih kesuksesan lebih awal dibandingkan dengan orang lain.

Referensi: Santrock, John W. dan Jane S. Halonen. Your Guide to College Success. Fourth Edition.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.